Friday, June 3, 2011

PENGENDALIAN HAMA TIKUS

Serangan tikus sering mengakibatkan kegagalan panen. Hama ini mempunyai perilaku yang pintar, kemampuan berkembang biak yang cepat, menyerang berbagai komoditas pertanian, rakus dan bersifat merusak. Di beberapa daerah, tikus juga sering dikaitkan dengan mitos dan hal-hal yang bersifat supranatural. Oleh karena itu, tikus merupakan hama utama dalam usaha tani yang perlu diketahui metode pengendaliannya.

Untuk menghindari kerusakan yang parah akibat serangan hama tikus, maka perlu penanganan secara terpadu karena permasalahan tikus adalah masalah sosial. Upaya pengendalian secara bersama-sama di dalam suatu hamparan atau kawasan akan lebih efektif dibandingkan secara parsial atau sendiri-sendiri.

Namun demikian, tidak ada ruginya mengetahui bagaimana cara pengendalian tikus. Dalam prinsip Pengelolaan Hama Terpadu (PHT), upaya pengendalian harus memperhatikan perilaku tikus (bioekologi tikus sawah).

Setelah mengetahui karakter tikus sawah, maka diharapkan dapat menentukan strategi/metode pengendaliannya sesuai dengan wilayah dan kondisi pertanaman. Berikut ini cara pengendalian hama tikus

semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites